Rabu, 29 Februari 2012

MANFAATNYA KETAN HITAM

Suatu pagi, ketika istriku tidak memasak karena sibuk, saya dibelikan makanan ketan hitam pada penjual makanan, di depan sekolah anakku. Hari itu, aku sarapan pagi ketan hitam sambil ngopi. Wah nikmat juga. Seperti di keluarga Jawa pada umumnya, ketan putih atau ketan hitam, ditanak, lalu disajikan dengan parutan kelapa dan sedikit taburan garam. Gurih dan enak.

Lama aku tidak makan ketan hitam. Paginya, maaf, ketika buang air besar di belakang aku kaget, karena sangat lancar. Biasanya, meski sudah makan buah banyak, tetapi buang air besar, tetap saja tidak lancar. Namun kali ini, setelah mengkonsumsi makanan ketam hitam, jadi lain. Lancar, car.

Akhirnya, seminggu dua kali, aku minta dibelikan ketan hitam kesukaanku. Harapannya hanya satu, urusan “ke belakang” jadi lancar dan tidak ada masalah. Itulah pengalamanku dengan makanan dari bahan dasar ketan hitam. Mengolah beras ketan hitam, tidak sulit. Sebelum ditanak, rendamlah dengan air sampai lama. Setelah itu, tiriskan. Lalu tanak dengan air secukupnya, dengan nyala api yang tidak begitu besar, namun stabil. Kalau bau harumnya sudah menyebar, itu pertanda sudah masak.

Memang ketan hitam memiliki rasa dan aroma yang harum dengan penampilan yang unik. Bila dimasak, warna ketan hitam menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang membangkitkan nafsu makan. Ketan hitam adalah sajian nikmat yang kaya manfaat. Bisa diolah dengan berbagai masakah. Misalnya dicampurkan dengan bubur kacang hijau. Biasanya dinamakan “Borjo Ketan Item”. Dimakan dengan santan pandan, sangat nikmat.

Ada juga yang ditambahkan pada es campur, atau es alpokat, atau es buah atau es cendol. Di Kota Semarang, malah dicampurkan pada sajian Es Dawet Durian. Cukup eksklusif loh. Ada juga yang menggunakan ketan hitam untuk membuat tape. Caranya, ketan hitam dikasi ragi tape, dibungkus daun pisang kecil-kecil. Beberapa hari kemudian sudah jadi tape ketan. Rasanya manis, harum dan nikmat.

Disamping bermanfaat untuk dijadikan berbagai makanan khas daerah yang lezat, sebetulnya ketan hitam berkhasiat membantu pembentukkan sel darah merah. Sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap beberapa penyakit. Soalnya, ketan hitam memiliki kandungan zat besi hingga 15,52 ppm. Menurut penelitian, kandungan ini berkhasiat untuk tubuh.



Secara ilmiah, inilah 10 khasiat ketan hitam, yaitu:

1. Bisa memperbaiki kerusakan sel hati seperti hepatitis dan chirosis atau yang lebih dikenal dengan pengerasan hati.

2. Mencegah gangguan fungsi ginjal.

3. Bisa mencegah kanker dan tumor.

4. Berkhasiat guna memperlambat penuaan.

5. Berfungsi juga sebagai antioksidan.

6. Ketan hitam, ternyata bisa membersihkan kolesterol dalam darah.

7. Mencegah anemia.

8. Menyuburkan rambut.

9. Membuat otot tubuh menjadi padat.

10. Karena mempunyai sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan, maka untuk konsumsi jangka panjang, akan berguna untuk mencegah alzheimer dan diabetes.

Karena besar manfaat dan khasiatnya, ketan hitam layak dimasukkan wisata kuliner sebagai makanan yang menyehatkan. Bukankah Bapak Kedokteran dunia, Socrates sudah berpesan pada dunia ratusan tahun lalu: Jadikanlah makananmu, obat bagi dirimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar